Mengenal Lingkungan Kerja Borland Delphi 7

 on Rabu, 17 Mei 2017  


Delphi 7 merupakan salah satu perangkat lunak atau program pengembangan aplikasi berbasis object Pascal produksi dari Borland. Sebagai salah satu bahasa pemrograman Delphi 7 mempunyai keunggulan dari segi produktifitas, yaitu :

ü  Kualitas dari lingkungan pengembangan visual
ü  Kecepatan dari compiler dibandingkan dengan kompleksitasnya
ü  Kekuatan dari bahasa pemrograman dibandingkan dengan kompleksitasnya
ü  Fleksibilitas dari arsitektur basis data
ü  Pola disain dan pemakaian yang diwujudkan oleh framework-nya


Delphi 7 dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti permainan (games), internet, hingga ke aplikasi database. Khusus untuk pemrograman database, Delphi 7 menyediakan fasilitas objek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer dalam membuat program. Format database yang dapat diakses Delphi 7 adalah format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle, MySQL, MS SQL Server, Informix, Interbase dan lain-lain.


  1. Sesaat kemudian akan muncul tampilan lingkungan kerja Delphi 7 (IDE) seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.1 dibawah ini.

* Mengenal IDE Delphi 7
IDE (Integrated Development Environment) Delphi 7 atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan lingkungan kerja Delphi 7 yang terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu :
1.      Main Window
2.      ToolBar
3.      Component Palette
4.      Form Designer
5.      Object TreeView
6.      Object Inspector
7.      Code Editor
8.      Code Explorer
IDE merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendisain aplikasi, menjalankan dan menguji suatu aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program.

1.2.1 Main Window


Main Window atau jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. Jendela utama Delphi 7 terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
a.       Main Menu
b.      Toolbar
      c.   Component Palette 





Mengenal Lingkungan Kerja Borland Delphi 7 4.5 5 Meta Aksara Dev Rabu, 17 Mei 2017 Delphi 7 merupakan salah satu perangkat lunak atau program pengembangan aplikasi berbasis object Pascal produksi dari Borland. Sebagai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme